Asal Usul Pancasila yang dibuat Soekarno

23.01 Unknown 0 Comments

Asal Usul Pancasila yang dibuat Soekarno



Apakah kamu tahu ternyata asal usul Soekarno membuat Pancasila bukan di Jakarta dalam Sidang BPUPKI.?

Sebelumnya perancangan Pancasila merupakan hasil dari puncak renungan di sebuah taman Ende di NTT.

Tepatnya setiap  pada Tanggal 1 Juni Indonesia akan mengingatnya sebagai hari Pancasila. Dan di Era kepemimpinan bapak Jokowi. Hari Pancasila pun dicanangkan sebagai hari libur nasional.Dominoqq

Saya membuat Pembahasan ini agar  kita lebih mengenal hari Lahir Pancasila yang tepat jatuh tanggal 1 Juni  dan sama seperti posting ini dibuat. Mari ~~

Mungkin ada yang belum tahu tentang sejarah Soekarno pernah di asingkan di Ende pada tahun 1934- 1938. Dominoqq

 Dimasa-masa inilah Bapak Ir,Soekarno merenungkan sambil duduk di bawah pohon dekat sebuah taman Ende yang rindang.

Dengan ditemani pemandangan laut dan dibawah bayang2 pohon sukun. Pak Soekarno menrenungkan lima bulir untuk dijadikan ideologi yang disebut Pancasila.

Hal ini dibenarkan ketika bapak Soekarno sendiri yang menceritakan kepada wartawan saat kunjungan kerja tahun 1955 di Ende.

Soekarno juga diceritakan sering mampir ke perpustakaan Keuskupan Nusa Indah untuk membaca.

Selain itu Soekarno dikenal baik orang masyarakat sekitar dan sering berinteraksi dengan para tokoh agama mulai dari Pastor samapi kelompok pengajian juga grup Teater.

Jika kamu yang suka traveling bisa coba berlibur ke taman Ende di NTT ini. Lokasinya tidak jauh dari pelabuhan Ende dan Rumah pengasingan bapak Soekarno.Dominoqq

Disini kamu dapat melihat patung Pak Soekarno yang sedang duduk menghadap laut. Taman ini dikenal dengan nama Taman Renungan Bung Karno.

Bapak Soekarno menaruh harapan besar untuk mempersatukan Indonesia dengan Ideologi Pancasila. Tentu Soekarno akan merasa sedih jika ada pihak2 yang merusak Pancasila.

Ingatlah bahwa Indonesia terdiri dari banyak suku ,budaya dan agama yang didalamnya mudah sekali terjadi gesekan.Dominoqq

Sikap toleransi harus selalu dijadikan pedoman untuk kerukunan umat beragama.

"Perjuanganku  tidaklah sulit karena melawan penjajah, tidak seperti Perjuangan kalian akan terasa sulit karena melawan bangsa sendiri "

Dominoqq

0 komentar: